TENTANG SiDU YEF 2019

Untuk mempertinggi daya saing dan menguatkan ekonomi, Indonesia perlu terus meningkatkan pertumbuhan kewirausahaan. Lewat program SiDU Youth Entrepreneurs Forum (YEF), SiDU turut memberikan kontribusinya dalam upaya pengembangan wirausaha-wirausaha baru.

 Untuk mendorong penguatan struktur ekonomi, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru. Melihat besarnya potensi generasi milenial, Indonesia punya peluang yang sangat baik apalagi, generasi tersebut dicirikan sebagai orang-orang yang kreatif, suka tantangan, dan mahir dalam teknologi.

 SiDU YEF 2019 adalah program pengembangan kewirausahaan untuk generasi muda Indonesia yang memiliki keinginan besar dalam membangun bisnis dan usaha mandiri. Melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan kompetisi ide bisnis, SiDU YEF 2019 juga akan menggandeng para pengusaha muda sukses Indonesia untuk membagikan pengalaman dan strategi pengelolaan bisnis kepada calon wirausaha.

Program SiDU YEF 2019 diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia, usia produktif (mahasiswa dan pekerja muda) berusia antara 18 – 25 tahun yang ingin merintis atau mengembangkan bisnis mandiri. Program ini dilaksanakan dalam 3 tahap, SiDU Kompetisi Ide Bisnis, SiDU Campus Talk dan SiDU Entrepreneur Workshop. Program ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Inisiatif SiDU YEF 2019 ini relevan dengan peran SiDU sebagai pemimpin di industri kertas. Kertas yang menjadi medium penting dalam rangkaian pengambilan keputusan dalam memulai dan mengelola bisnis, kertas SiDU menjadi medium penting berprogres, dimulai dari menuangkan ide, gagasan, menyusun langkah, strategi sampai mengevaluasi.  Kertas SiDU turut mengantar generasi muda Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan mengupayakan kemajuan. 

 Menghadirkan pebisnis-pebisnis berpengalaman untuk berbincang soal kewirausahaan. Jangan lewatkan bahasan-bahasan menarik tentang tren bisnis saat ini, urgensi berwirausaha bagi mahasiswa, dan bagaimana memulai bisnis. Lokakarya ini sekaligus dapat menjadi bekal awal untuk menyiapkan proposal ide bisnis.

MATERI

Wirausaha atau wiraswasta merupakan orang yang pandai atau berbakat mengenali; menentukan cara; menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. SiDU CampusTalk melalui pembicara akan berbagi pengetahuan mengenai cara mereka menjadi seorang wirausaha.

NARA SUMBER

11-13 Maret 2019

Uma Hapsari

Founder – Amazara Shoes 

Uma Hapsari mendirikan PT Amazara Cipta Indonesia pada November 2015. Perusahaan ini memproduksi sepatu khusus untuk perempuan dan menaungi toko daring amazara.co.id. Kini, kapasitas produksinya lebih dari 1.000 pasang sepatu per bulan. Uma menjadi salah satu pemenang Indonesia Young Women Business Leaders tahun 2017.

Cek Jadwal Kampus

18-21 Maret 2019

Riezka Rahmatiana

Founder – Pisang Ijo Justmine

Perempuan ini adalah pendiri Pisang Ijo Justmine, yang lewat sistem waralaba kini telah memiliki ratusan outlet di Indonesia. Ia pernah menjadi mendapatkan berbagai apresiasi, seperti Young Caring Professional Award 2011, Best UKM Award Spirit Entrepreneurship 2010, serta terpilih sebagai Pemuda Berprestasi Bidang Ekonomi dan Kemakmuran 2010.

Cek Jadwal Kampus

25-29 Maret 2019

Michael Chrisyanto

Co-Founder – Eatlah

Co-founder sekaligus Chief of Branding & Design Eatlah ini adalah sosok visioner yang mengoptimalkan pemanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnis. Dalam dua tahun, bisnis kuliner Eatlah telah memiliki 12 cabang di Jakarta dan Bandung. Kini Eatlah terus melancarkan ekspansinya dengan menambah outlet di sejumlah lokasi.

Cek Jadwal Kampus

Lokakarya ini melibatkan 50 peserta atau kelompok dengan ide bisnis terbaik. Bersama dengan narasumber yang kompeten, selama dua hari penyelenggaraan lokakarya ini peserta akan dibekali beragam materi terkait bagaimana membangun bisnis, baik digital maupun nondigital. Dengan cakupan materi yang menyeluruh, dari menciptakan ide sampai menarik investor, peserta benar-benar disiapkan untuk merancang bisnisnya.

Cek Lokasi

NARA SUMBER

Yoris Sebastian

Creative Consultant

Yoris Sebastian dikenal sebagai pengusaha yang bergerak dalam bidang industri kreatif. Pada usia 26 tahun, Yoris terpilih menjadi GM (General Manager) Hard Rock Cafe Indonesia, menjadi GM termuda se-Asia dan termuda kedua di dunia. Pada usia 34 tahun, ia mendirikan sebuah perusahaan konsultan kreatif OMG (Oh My Goodness). Yoris terkenal dalam hal inovasi dan ide-ide kreatifnya dalam berbisnis. Kiprahnya telah banyak mengantar produk dan brand ternama bertarung di pasar nasional.

Danu Sofwan

CEO – PT. Raja Cendol

Mendirikan Radja Cendol pada 2014, Danu Sofwan kini menjadi pebisnis yang disegani. Melalui sistem waralaba, dalam setahun Radja Cendol berkembang menjadi 600 outlet di seluruh Nusantara. Danu telah meraih beberapa penghargaan, antara lain Marketeers Youth of The Year 2016 dan Best Entrepreneur Award 2015. Produknya juga sempat memperoleh penghargaan sebagai The Best Innovative Traditional Drink 2015.

Yasa Singgih

Founder – Men’s Republic

Menggeluti bisnis di bidang pakaian dan aksesori pria dengan brand Men’s Republic, Yasa Singgih telah mengukir banyak prestasi. Selain di Indonesia, produk-produknya kini dipasarkan antara lain di Hongkong, Makau, Taiwan, Malaysia, Filipina, dan Nigeria. Yasa memperoleh berbagai penghargaan, di antaranya pemenang Wirausaha Muda Mandiri Nasional kategori Mahasiswa Kreatif (2015), Marketeers Youth of The Year dari Mark Plus (2016), dan Under 30 Young Leaders & Entrepreneurs in Asia versi Forbes (2017).

 

MATERI

Menciptakan ide bisnis

Memilih model bisnis yang cocok

Menentukan platform teknologi

Strategi manajemen keuangan

Strategi pemasaran secara digital

Strategi Akses permodalan